Apa Itu Domain? Mengenal Domain bagi Pemula

Apa Itu Domain? Mengenal Domain bagi Pemula

Apa Itu Domain? Mengenal Domain bagi Pemula,Jika kamu baru bergelud dalam dunia website ataupun blog, kamu pasti bertanya “apa itu domain ?”. Nah simpelnya, domain bisa dibilang sebagai alamat website atau blog kamu. Ibaratnya begini seumpama kamu membeli barang lewat salah satu platform e-commerce, kamu wajib menyertakan alamat agar barang yang kamu pesan bisa sampai. Seperti Itu pula dengan internet, yang juga memerlukan alamat agar dapat sampai ke tujuannya dengan baik.

Baca juga Komponen Jaringan WAN Yang Wajib diketahui

Mungkin dari kalian pernah denger mengenai URL. Domain ini mempunyai hubungan dengan yang namanya URL. Sebagai penyegaran, URL dapat diartikan sebagai alamat website secara umum. Lalu apa perbedaannya antara URL dengan Domain ? Tidak ada perbedaannya, karena seperti diawal tadi sudah disebut dua hal ini merupakan hal yang berhubungan. Tetapi gini prinsipnya, jika kamu misalnya mengetikkan sebuah URL contoh https://namadomain.com/ dengan https://namadomain.id/, maka hasil yang akan kamu peroleh juga akan berbeda

Domain yang kamu beli di penyedia domain akan terdaftar dan juga dikelola dalam suatu organisasi. Organisasi tersebut bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Organisasi inilah yang menentukan ekstensi nama domain dan menjaga database agar tetap menuju ke nama domain yang terdaftar.

Ketika mendaftarkan nama domain, kamu dapat memilih nama yang akan menjadi nama blog ataupun website kamu dan ekstensi yang akan kamu gunakan. Misalnya bingobiru.com, bingobiru akan menjadi nama blog atau website kamu dan sementara .com merupakan ekstensi untuk domain yang sudah kamu pilih.

Yang harus kamu pahami, penggunaan nama domain haruslah unik. Maka dari itu nama domain yang sudah terdaftar tidak akan dapat digunakan atau didaftarkan.

Jenis – Jenis Domain

Ratusan ekstensi domain saat ini sudah tersedia untuk publik ataupun pribadi untuk instansi tertentu. Ekstensi domain pun juga telah dapat kamu beli di penyedia domain. Domain yang tersedia juga memiliki peruntukannya masing-masing. Berikut ulasannya.

1. Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain atau yang kerap dikenal sebagai TLD adalah jenis domain dengan level tertinggi dari sistem domain di internet. Domain ini mempunyai banyak peminat karena mudahnya domain dengan jenis domain ini untuk diingat. Berikut contoh TLD yang dapat kamu gunakan antara lain .COM, .NET, .ORG, .INFO, dan juga .EDU.

Sebagai tambahan informasi, semua TLD dikelola organisasi bernama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain alias ccTLD adalah jenis domain untuk kode negara tertentu. Domain ini juga banyak peminatnya dengan TLD. Berikut beberapa ekstensi ccTLD contohnya .ID untuk negara Indonesia, .US untuk negara Amerika Serikat, .EU untuk negara Eropa, dan masih banyak lagi.

3. Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic Top Level Domain atau gTLD adalah jenis domain yang dipakai secara khusus untuk lembaga tertentu. Contoh dari gTLD antara lain adalah .EDU untuk lembaga pendidikan, .MIL untuk lembaga militer, dan jika kamu pernah lihat .GO.ID merupakan ekstensi domain untuk Lembaga Pemerintahan di Indonesia.

Apa Itu SubDomain ?

Sub Domain ini umumnya memuat sesuatu yang lebih spesifik dan juga detail dari keseluruhan website kamu. Contoh kamu mempunyai sebuah website dan kamu ingin membagi menjadi per bagian. Kamu tidak perlu lagi membeli domain. Kamu cukup gunakan subdomain.contohnya ?

ibaratkan kamu mempunyai domain untuk bidang usaha contohnya namadomain.com. Nah didalam domain ini kamu letakkan misalnya penawaran, harga, atau apapun yang berkaitan dengan bidang usaha kamu. Kemudian misalkan kamu mau membuat blog yang masih menyatu dengan website domain kamu ini, kamu hanya butuh membuat subdomain dari domain yang telah kamu miliki sebelumnya. Nantinya subdomain kamu akan menjadi blog.namadomain.com.

Contoh pemakaian subdomain ini dalam website besar contohnya adalah di Google. Kamu tentunya pernah melihat subdomain developers.google.com ataupun support.google.com, itulah contoh subdomain yang dipakai oleh Google.

Subdomain tidak hanya berfungsi untuk memisahkan konten kamu yang lebih spesifik, namun penggunaan subdomain pun mempunyai manfaat lain. Berikut adalah manfaatnya :

  • Mesin pencari akan menilai subdomain kamu sebagai website yang unik yang tidak terhubung dengan domain utama kamu. Hal ini sungguh menguntungkan sebab bisa saja rangking subdomain kamu bisa mengimbangi rangking domain utama kamu. Dengan begitu website kamu juga dapat menggeser peringkat pesaing lainnya.

Penutup

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai apa itu domain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dalam pemilihan domain dan juga keperluan blog ataupun bisnis.