Tips Agar Konsisten Menulis Artikel

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel,Pada kesempatan kali ini kita akan membahas, bagimana cara ampuh agar konsisten dan rutin menulis artikel di blog anda. Sebenernya topik ini udah lumayan banyak menjadi “permasalahan” untuk para blogger, terutama para blogger pemula. Tetapi, kali ini kita akan coba bahas agar lebih relate sesuai realitas yang dialami para blogger.

Baca juga Teknik 1Riset Keyword Untuk Pemula dan Blog Baru

Kita mulai dengan perumpamaan dulu yak. Menurut realitas manusia memang ga dapat dihindarkan dari yang namanya bosen maupun jenuh pada suatu kegiatan. Faktornya bisa bermacam-macam, bisa lantaran mereka tidak menikmati, sangat lama melakukan kegiatan itu, maupun dapat juga karna mereka memang ga suka aja gitu sama kegiatan yang mereka lakukan. Begitu pula dengan para blogger dimana mereka juga manusia. Para blogger pun tentu mempunyai titik paling rendah dimana mereka bosan untuk menulis konten. Dan situasi ini pun juga bisa berlaku untuk para blogger yang telah lama menggeluti dunia blogging.

Tips-Tips Agar Konsisten Menulis Artikel

Disini lah inti dari artikel ini,yuk simak baik-baik:

1. Tentukan Niche Blog Kamu

Ini merupakan langkah pertama banget agar kamu bisa selalu konsisten bikin konten. Benar niche alias tema blog kamu ini memang memegang andil cukup penting untuk menjamin konsistensi penulisan artikel kamu. Mengapa begitu ? Jawabnya sederhana aja sih. Jika blog kamu tidak jelas arahnya, tema artikelnya gonta ganti nantinya tentu kamu akan bingung ingin menulis artikel mengenai apa. Persoalan ini bukan lantaran udah gak ada materi lagi, tapi lantaran terlalu banyak materi yang mesti ditulis. Nanti alhasil juga kamu sendiri yang ribet untuk nentuin menulis artikelnya. Jadi, pastikan kamu penuhi dulu poin pertama ini.

2. Mencari Referensi Topik Yang Dapat Kamu Tulis

Pada poin kedua ini ialah tips untuk kamu yang suka kehabisan ide saat ingin menulis konten. Masalah ini terkadang suka dateng aja gitu ya kan, serta tiba-tiba jadi penghalang besar saat kita lagi niat-niatnya ngonten. Niatnya ada namun ga punya topik, bertolak belakang banget ya kan. Jadi kuncinya kamu hanya perlu, perbanyak baca aja. Rahasianya ada nih, agar niche referensi kamu tidak melenceng kamu hanya perlu visit blog kompetitor kamu di kata kunci tertentu. Habis itu kamu pilih blog mana yang artikelnya cukup banyak dapet peringkat di kata kunci yang sama dengan kamu. Nah tinggal kamu visit aja tuh sitemap mereka, liat-liat, habis itu kamu tinggal cari kira-kira artikel mana yang lumayan kamu pahami untuk nanti dibikin artikelnya.

3. Manfaatkan dan Sediakan Waktu Luang kamu Untuk Menulis

Poin ketiga ini spesial buat anda yang mempunyai pekerjaan lain tak hanya blogging. Seringkali blogger yang mempunyai kegiatan lain tidak fokus dengan blognya. Alhasil blog mereka terbengkalai dan juga menjadi sia-sia usaha mereka. Meskipun memang pekerjaan utama tentunya lebih penting ketimbang kegiatan ngeblog. Namun untuk kamu yang memutuskan bekerja sembari blogging, jangan sampai kendor ditengah jalan. Bukan cuma usaha kamu yang jadi sia-sia, lantaran waktu, tenaga, serta modal kamu pun bisa jadi sia-sia. Contoh kalian sudah mempunyai blog yang telah di-monet dan ada visitor organik yang cukup besar. Jika blog tersebut tidak kamu rawat, tentu akan berdampak pada banyak hal. Mulai dari pendapatan tambahan kamu yang turun dan juga visitor jelasnya juga akan turun secara perlahan. Untuk mensiasatinya, kamu dapat menyusun jadwal kamu untuk posting artikel. Misalnya saja posting 2-3 artikel per minggu, atau 1 artikel juga boleh saja mungkin dengan jumlah kata yang ditambah. Intinya tiap menulis artikel upayakan di saat itu, tidak ada agenda alias kegiatan lain yang menabrak jadwal ngonten kamu. Sebab jika kegiatan itu disambung-sambung, hasil artikel yang kamu buat juga akan menjadi tidak maksimal.

4. Mengingat Tujuan Awal Kamu Memulai Blog

Poin keempat ini lebih pada refleksi diri kamu tentang apa tujuan kamu ketika pertama kali memutuskan ngeblog. Jika mimin sendiri sih tujuan awalnya memang ingin memperoleh pendapatan, menyalurkan kegemaran menulis, serta mengisi waktu senggang (maklum masih mahasiswa). Tak Hanya itu, tujuan utama seorang merintis blog tentu terdapat unsur mau berbagi informasi maupun pengalaman. Tujuan awal kamu ini dapat kamu jadikan penyemangat saat niat kamu down untuk menulis artikel. Apabila tujuan kamu sudah terlaksana, itu bagus. Bagaimana dengan kamu yang tujuannya belum tercapai ? Jika belum tercapai tujuannya dan kamu sudah mundur, bakalan sayang banget kan. Jadi silahkan refleksikan apa tujuan awal kamu ketika mulai ngeblog agar semangat menulis kamu bisa terkumpul kembali.

5. Hibur Diri Kamu

Poin kelima dan terakhir kita jadikan poin untuk me-refresh diri kamu setelah lelah menulis artikel. Kamu dapat melakukan apapun yang kamu suka, seperti kegemaran, bermain game, maupun bersama kawan kalian. Atau mungkin kamu dapat melakukan perjalanan singkat mengelilingi kota ataupun ke luar kota sekedar untuk menghilangkan rasa jenuh kamu sehabis membuat banyak artikel. Hal ini cuma bertujuan kembali menyegarkan pikiran dan juga ide kamu untuk kembali melakukan kegiatan seperti biasa, supaya tidak bosan dan jenuh melakukan kegiatan yang itu-itu saja.

Nah itulah 5 Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Blog yang dapat kamu aplikasikan dalam kegiatan blogging kamu. Semua tips ini dibuat berdasarkan pengalaman ngeblog dimana sering-kali tidak stabil dalam menulis artikel. Sengaja saya buat agar bisa lebih dekat dan juga relate dengan kalian semua.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari artikel ini ialah kamu mesti paham dengan blog kamu dan mengerti dengan keadaan diri kamu sendiri. Maksudnya gimana ? Yang pertama, maksudnya adalah kamu mesti sudah mematok batasan-batasan topik mana yang bisa kamu jadikan artikel blog kamu. Jangan kamu keluar dari batasan tema yang akibatnya akan merugikan diri kamu sendiri.
Tidak Cuma itu, paham dengan kondisi diri sendiri lebih berhubungan dengan poin kelima. Apabila kamu sudah bosan dengan kegiatan yang kamu lakukan, jangan malas untuk menghibur diri kalian. Sebab jika kamu sampai stres karna melakukan kegiatan itu, akan berimbas lebih buruk kepada kesehatan kamu dan blog kamu.